Resume Kuliah Tamu

Nama: I G B A Hendra Pradiptya Merta
NIM: 1519551006
Teknologi Informasi
Fakultas Teknik
Universitas Udayana
Pemrograman Mobile (TI024330)
I Putu Agus Eka Pratama, ST. MT.


Resume tentang kuliah tamu yang diberikan oleh rekan – rekan alumni Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana.

  1. IoT (Internet of Things) adalah merupakan sebuah konsep yang bertujuan untuk memperluas manfaat dari konektivitas internet yang tersambung secara terus-menerus. Adapun kemampuan seperti berbagi data, remote control, dan sebagainya, termasuk juga pada benda di dunia nyata. Contohnya bahan pangan, elektronik, koleksi, peralatan apa saja, termasuk benda hidup yang semuanya tersambung ke jaringan lokal dan global melalui sensor yang tertanam dan selalu aktif. Pada dasarnya, Internet of Things mengacu pada benda yang dapat diidentifikasikan secara unik sebagai representasi virtual dalam struktur berbasis Internet. Istilah Internet of Things awalnya disarankan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 dan mulai terkenal melalui Auto-ID Center di MIT.Dan kini IoT menjadi salah satu tugas bagi seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi.
  2. Mobile Application adalah proses pengembangan aplikasi untuk perangkat genggam seperti PDA, asisten digital perusahaan atau telepon genggam. Aplikasi ini sudah ada pada telepon selama manufaktur, atau didownload oleh pelanggan dari toko aplikasi dan dari distribusi perangkat lunak mobile platform yang lain.
  3. Web Application merupakan suatu aplikasi yang diakses menggunakan penjelajah web melalui suatu jaringan seperti Internet atau intranet. Ia juga merupakan suatu aplikasi perangkat lunak komputer yang dikodekan dalam bahasa yang didukung penjelajah web (seperti ASP, HTML, Java, Java Script, PHP, Python, Ruby, dll) dan bergantung pada penjelajah tersebut untuk menampilkan aplikasi. Aplikasi web menjadi populer karena kemudahan tersedianya aplikasi klien untuk mengaksesnya, penjelajah web, yang kadang disebut sebagai suatu thin client (klien tipis). Kemampuan untuk memperbarui dan memelihara aplikasi web tanpa harus mendistribusikan dan menginstalasi perangkat lunak pada kemungkinan ribuan komputer klien merupakan alasan kunci popularitasnya. Aplikasi web yang umum misalnya webmail, toko ritel, lelang online, wiki, papan diskusi, weblog.
  4. Data Warehouse merupakan suatu kumpulan data yang mempunyai sifat subjek berorientasi, terpadu, waktu-varian, serta tetap pada pengumpulan data untuk dapat mendukung suatu proses pengambilan keputusan manajemen, adpaun komponen – komponen data warehouse ialah Source Data, Data Stagging, Data Storage, Metadata, Information Delivery, Manajement and Control.
Tidak hanya materi diatas yang diberikan oleh pembicara dalam kuliah tamu tersebut, pembicara juga memberi masukan dan saran dalam Tugas Akhir, pembicara mengatakan buatlah prototype aplikasinya terlebih dahulu, dan jangan membuat aplikasi secara langsung atau langsung jadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 1

TUGAS 4