TUGAS 2

I GUSTI BAGUS AGUNG HENDRA PRADIPTYA MERTA
1519551006
UNIVERSITAS UDAYANA/FAKULTAS TEKNIK/TEKNOLOGI INFORMASI
MANAGEMEN JARINGAN SERVER
I PUTU AGUS EKA PRATAMA, ST MT.

     1.      PEER TO PEER (P2P)
Jaringan peer to peer adalah sebuah jaringan komputer dimana setiap komputer disusun dan dihubungkan satu sama lain tanpa adanya kontrol terpusat yang berperan sebagai server murni. Setiap komputer yang ada dalam jaringan peer to peer menawarkan layanan yang sama sehingga server bisa sebagai client atau client juga bisa sebagai server. jaringan peer to peer cocok digunakan untuk jaringan dengan kapasitas kecil. Jaringan peer to peer pada setiap komputer memiliki fungsi yang sama dan dapat berhubungan/berkomunikasi dengan komputer lain yang sudah memberi izin, jadi dapat kita simpulkan bahwa setiap komputer pada jaringan peer berfungsi sebagai client dan juga sebagai server. 

     2.      OVER THE TOP (OTT)
Definisi Over The Top (OTT) didefinisikan sebagai teknologi informasi di bidang pendekatan dan pemodelan (yang diimplementasikan dalam bentuk aplikasi dan layanan aplikasi) untuk video dan audio streaming, messaging (kirim terima pesan instan), dan jejaring sosial, memanfaatkan koneksi internet dari provider (dalam hal ini operator/telco) dan berbasis mobile. Over The Top (OTT) berjalan di Application Layer, layer teratas pada pemodelan layer TCP/IP maupun OSI.

Contoh Aplikasi Online Berbasis Over The Top (OTT)
1. Yahoo
Yahoo merupakan perusahaan IT dunia yang bergerak dibidang layanan surat elektronik (e-mail), mesin pencari (search engine), berita (news), sharing foto dan beragam layanan lainnya. Tuntuk memudahkan para penggunanya Yahoo menyediakan subdomain untuk negara masing-masing misalkan Indonesia dengan id.

2. Google
Google merupakan salah satu perusahaan IT dunia yang bergerak dibidang layanan mesin pencari (search engine), surat elektronik (e-mail), aplikasi perkantorandan penyimpanan berbasis Cloud (google Doc dan Google Drive), layanan sumber kode terbuka (Code Google), jejaring social (G++), kacamata pintar memanfaatkan teknologi Augmented Reality dan Cloud Computing (Google Glasses), dan sejumlah layanan lainnya yang berbasis online, Cloud dan OTT.

3. Youtube
Youtube merupakan perusahan IT dunia yang bergerak dibidang layanan streaming audio dan video dan jejaring sosial. Layanan yang disediakan antara lain layanan streaming audio dan video, pengguna dapat beropini secara langsung tentang konten audio dan video yang disajikan langsung oleh para pengguna (user content generate).

4. Facebook
Facebook merupakan perusahaan IT dunia yang bergerak dibidang layanan jejaring social (social network), yang kemudian menjadi sebuah platform tersendiri dalam layanan berbasis Cloud Computing (PAAS/Platforn As A Service). Facebook bukan hanya social media dan social network tapi mendukung layanan Cloud Computing diamna setiap orang dapat membuat aplikasi mengikuti platform Facebook. Facebook juga menyediakan layanan multibahasa.

5. Twitter
Twitter merupakan perusahaan IT kelas dunia yang menawarkan layanan dan aplikasi berbasis OTT dibidang jejaring sosial, micro blog, baik pada platform desktop maupun mobile.
 

DAFTAR PUSTAKA


Agus Eka Pratama, S.T.,M.T, I Putu. 2014. Handbook Jaringan Komputer Teori dan Praktik Berbasiskan Open Source. Bandung: Informatika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3

Resume Kuliah Tamu

TUGAS 1